Minggu, 18 Mei 2014

Smartphone Bakal Bisa Potret Tembus Pandang

Microchip terahertz (foto: Live Science) WASHINGTON - Smartphone
suatu hari nanti akan bisa menyaingi pandangan tembus pandang ala Superman. Kemampuan melihat  tembus pandang tersebut diperoleh melalui sebuah microchip kecil seukuran ujung jari.
Dilansir dari Live Science
, Jumat (14/12/2012), microchip tersebut memancarkan gelombang terahertz (T-ray) yang dapat menembus bahan padat. Bedanya dengan sinar X, T-ray ini tidak menimbulkan efek merusak.
Penerapan microchip
itu membuat sebuah pemindai yang mudah digenggam tangan bisa menemukan silet yang tersembunyi dalam plastik, bahkan sampai mengukur kadar lemak ayam. Teknologi seperti itu, biasanya diterapkan melalui mesin berukuran besar yang lebih cocok untuk keamanan bandara.
"Kami membuat sebuah chip
silikon yagn bisa beroperasi 300 kali lebih cepat ketimbang microchip yang ada di telefon genggam dan notepad masa kini. Namun biayanya sama rendah," kata insinyur listrik dari California Institute of Technology, Ali Hajimiri.
Microchip
yang memiliki kecepatan hyper itu dapat mengeluarkan sinyal terahertz 1.000 kali lebih kuat daripada metode masa lalu, serta menghasilkan sinyal dalam arah pemindaian tertentu. (yhw)Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.
Sumber, diklikkanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar