Senin, 19 Mei 2014

Teleskop Hubble Tangkap Gambar "Bayi Galaksi"

(Foto: Mercurynews) CALIFORNIA - Astronom melalui Hubble Space Telescope telah mengabadikan gambar galaksi termuda berusia 13,7 miliar tahun lalu. Para ahli mengklaim usia tersebut masih dianggap termuda ketimbang galaksi lainnya yang ada di alam semesta, mereka pun menamainya dengan sebutan "bayi galaksi".
Dilansir Mercurynews
, Kamis (13/12/2012), astronom juga mengklaim telah menemukan salah satu objek yang diyakini merupakan galaksi paling tua. Galaksi tersebut menunjukkan ketika alam semesta berusia 380 juta tahun lalu.
"Galaksi awal ini menunjukkan blok bangunan dari galaksi saat ini," ujar Associate dministrator for Science NASA, John Grunsfeld. Temuan galaksi ini menunjukkan awal terciptanya alam semesta dan dapat membantu ilmuwan untuk mengungkap terkait apa yang terjadi setelah periode "Dark Ages" (zaman gelap).
Dark Ages merupakan periode waktu yang menunjukkan alam semesta dengan usia 200 juta tahun. Periode ini terjadi setelah ledakan Big Bang ketika awan dingin hidrogen menggumpak bersama oleh gravitasi, mulai menyala serta memicu generasi pertama bintang.
"Ini adalah saat yang penting dalam sejarah kosmik," tutur astronom Richard Ellis dari California Institute of Technology di Pasadena. Ilmuwan sampai saat ini belum mengetahui secara pasti kapan kemunculan awal kosmik ini terjadi.
Temuan tujuh galaksi ini juga menunjukkan periode antara 350 jtua dan 600 juta tahun setelah peristiwa ledakan dahsyat (Big Bang). Astronom berencana untuk melanjutkan studi setelah James Webb Space Telescope diluncurkan di 2018. (fmh)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.
Sumber, diklikkanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar